Senin, 04 Desember 2017

Solid Gold | Putri Sirivannavari Nariratana, Putri Raja yang Berbakat



Solid Gold | Putri Sirivannavari Nariratana dari Thailand adalah perempuan dengan banyak bakat. Dia atlet peraih medali emas SEA Games, paham mode, bahkan punya label mode sendiri. Forbes pun pernah memasukkannya dalam daftar 20 Hottest Young Royals.


Putri Sirivannavari adalah anak dari putra mahkota yang kini raja Thailand, Raja Vajiralongkorn atau Rama X (raja ke-10 dalam Dinasti Chakri) dengan istri keduanya, Sujarinee Vivacharawongse (Yuvadhida Polpraserth). Sang putri menjadi anak bungsu dari lima bersaudara yang seluruhnya lelaki. Putri Sirivannavari lahir di Bangkok pada 8 Januari 1987 dengan nama Mom Chao Busyanambejra, namun kemudian berubah menjadi Mom Chao Chakkrityapha Mahidol. Lalu dia berubah nama lagi menjadi Mom Chao Sirivanvari Mahidol.


Setelah kedua orang tuanya bercerai, dia dan empat saudara lakilakinya bermigrasi ke Inggris bersama sang ibu. Namun, setelah kembali ke Thailand, dia pun diangkat menjadi putri raja oleh komandan kerajaan yang merupakan kakeknya, Raja Bhumibol Adulyadej, pada 15 Juni 2005. Adapun empat saudara laki-lakinya tidak memiliki gelar kerajaan. Sebagai putri raja, Sirivannavari memang berbeda. Minatnya sangat tinggi dalam bidang olahraga dan mode. Dia bahkan beberapa kali mewakili Thailand dalam pertandingan bulu tangkis dan berkuda di ajang olahraga tingkat ASEAN, SEA Games.


Pada SEA Games 2005 di Filipina, dia mengikuti cabang bulu tangkis dan sukses meraih medali emas. Sementara pada SEA Games tahun ini di Kuala Lumpur, dia alih bidang ke olahraga berkuda dan memenangi medali perak. Darah atlet tampaknya mengalir dari kakeknya, mendiang Raja Bhumibol Adulyadej, yang mewakili Thailand dalam acara pelayaran internasional. Sementara itu, turnamen bulu tangkis di Thailand yang memulai debutnya pada tahun lalu, Thailand Masters, juga dinamai sbg Putri Sirivannavari Thailand Masters.


Putri paling gaya Menurut Straits Times, di luar jalur lapangan olahraga, Putri Sirivannavari juga disebut sebagai salah satu bangsawan paling penuh gaya. Dia kerap masuk dalam daftar selebriti berpakaian terbaik dalam beberapa ajang mode. Dengan penampilan elegan atau kadang-kadang unik, sang putri lebih terlihat sebagai seorang blogger mode dunia atau pencinta mode kelas atas dibandingkan seorang putri raja. Kecintaan Putri Sirivannavari terhadap dunia mode sudah terlihat sejak duduk di bangku sekolah.


Tak heran, saat kuliah, dia belajar mode dan tekstil di Fakultas Seni Rupa dan Terapan di Universitas Chulalongkorn. Lalu dia belajar adibusana di Chambre Syndicale de la Couture Parisienne. Perempuan berusia 30 tahun ini dikenal dengan karyanya di dunia mode. Awalnya, pada 2007 dia diundang oleh Pierre Balmain, couturier Prancis, utk mempresentasikan karyanya di Paris. Debutnya dengan tema “Presence of the Past” mengambil inspirasi dari nenek buyutnya, sambil memberi interpretasi modern pada kostum tradisional Thailand. Sejak saat itu, dia rutin hadir dalam ajang Paris Fashion Week.


Dia juga memiliki lini busananya sendiri yg bernama Sirivannavari Bangkok, yakni pakaian yang sebagian besar terdiri dari pakaian modern dengan aksen & bahan tradisional Thailand. Dengan bisnis mode dan kekayaan turunan, Putri Sirivannavari disebut Women Fitness yang memiliki kekayaan bersih mencapai USD35 miliar (Rp472 triliun).

0 comments :

Posting Komentar