Jumat, 16 September 2016

Bisnis Manchester United Makin Kuat Meski Tak Ikut Liga Champions

Filled under:



London - Manchester United hari ini (12/9) merilis pendapatan mereka yang mencapai £ 515,3 juta dalam tahun finansial 2015/16. Klub berjuluk Setan Merah ini menjadi klub Britania Raya pertama yang mengumumkan pencapaian pendapatan lebih dari setengah miliar poundsterling.

Pendapatan Manchester United diperkirakan terus meningkat, meski tanpa ikut Liga Champions.

Meski klub mengalami penurunan performa di atas lapangan sejak kepergian Sir Alex Ferguson pada 2013, aktivitas finansial mereka tidak banyak terpengaruh.

Untuk tahun fiskal sekarang yang berakhir 30 Juni 2016, pendapatan United dari komersial meningkat sebanyak 36,3%, dengan meraup £ 268,3 juta, sementara pendapatan matchday (hari pertandingan) mencapai £ 106,6 juta, meningkat dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar £90 juta karena masih ikut di Liga Europa dan hingga mencapai final Piala FA.

Pendapatan dari hak siar tahun ini sebesar £ 140,4 juta, naik sebesar £ 32,7  juta atau 30,4%.

Klub yang menjuarai Piala FA musim lalu itu juga merilis laba sebesar £68,9 juta, dengan pendapatan naik 30% setiap tahun, sementara utang mereka meningkat 2% menjadi £261 juta, lebih dikarenakan dampak perubahan nilai tukar mata uang karena sebagian besar utang berdenominasi dolar AS.

Salah satu pejabat eksekutif klub, Ed Woodward, mengatakan United berada dalam jalur yang tepat untuk kembali meningkatkan pendapatkan tahun depan, meski gagal lolos ke Liga Champions.

"Catatan fiskal 2016 kinerja keuangan kami mencerminkan kekuatan bisnis yang konsisten dan klub menargetkan menggapai rekor pendapatan pada 2017, bahkan tanpa kontribusi dari Liga Champions," ujarnya.

"Performa finansial ini membuat kami mampu berinvestasi pada skuat, manajemen tim dan fasilitas untuk memosisikan kami dalam persaingan meraih gelar juara dalam beberapa tahun ke depan."

Tim yang bermarkas di Old Trafford itu juga telah meneken kesepakatan baru dengan 14 sponsor.

Pendapatan untuk tahun fiskal 2017 ditargetkan £ 540 juta yang juga akan menjadi rekor baru bagi United.

Di tingkat internasional, United tidak bisa mengklaim sebagai klub pertama dengan pendapatan tembus £ 500 juta, karena Barcelona sudah lebih dulu meraihnya berkat menguatnya mata uang Euro dibandingkan poundsterling.

0 comments :

Posting Komentar