Kamis, 14 Juli 2016

Minuman yang Harus Dihindari Saat Cuaca Panas

Filled under:



Saat cuaca panas, berkeringat dan haus, pastikan memilih minuman yang tepat untuk menghilangkan dahaga. Namun tak semua minuman baik untuk dikonsumsi saat tubuh kekurangan cairan, karena beberapa minuman justru dapat membuat dehidrasi lebih parah. Saat cuaca panas dan haus, 3 minuman ini sebaiknya dihindari.

Soda

Soda meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kesehatan gigi. Selain itu soda atau minuman ringan juga dapat berkontribusi pada risiko kesehatan langsun yakni dehidrasi.

Penelitian dari American Physiological Society menemukan bahwa menggunakan minuman ringan untuk melepas dahaga, justru semakin memperburuk dehidrasi dan meningkatkan cedera ginjal, dibandingkan dengan air putih atau air dengan berpemanis lainnya.

Meskipun studi ini dilakukan pada tikus, namun para peneliti mengatakan temuan ini tetap menimbulkan kekhawatiran serius, bagi mereka yang secara teratur memuaskan kehausan dengan soda. Namun jika pilihan tetap pada soda, sebaiknya tambahkan buah segar untuk setiap satu gelas soda.

Alkohol

alkohol memberi efek diuretik, yang memberikan kontribusi untuk peningkatan urin sehingga meningkatkan risiko dehidrasi," kata Heather Mangieri, RDN, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, seperti dikutip dari Prevention, Rabu (13/7/2016)

Namun jika Anda tetap menginginkan bir yang dingin sebagai pelepas dahaga, Mangieri menyarankan meneguk alkohol diikuti dengan seteguk air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi.

Kopi atau teh

Dulu setiap jenis kafein diduga dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Tapi ternyata jika Anda secara teratur mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh, Anda akan terbebas dari resiko dehidrasi.

"Bagi mereka yang rutin minum kafein, seperti es teh atau es kopi dapat memberikan kontribusi untuk asupan cairan harian Anda," kata Mangieri.

Tapi Mangieri mengingatkan bagi mereka yang tak biasa minum kafein, akan mengalami efek yang lebih nyata, terutama pada hari yang panas. Mangieri memberikan tips bagi mereka yang tetap ingin mengasup minuman berkafein sebagai sumber cairan, sebaiknya diselingi minum air putih.

0 comments :

Posting Komentar