Rabu, 20 Agustus 2014

Samsung Memastikan akan Membuka Pabrik Ponsel di Indonesia tahun 2014 Ini

Filled under:


Ada kabar gembira bagi industri teknologi di Indonesia karena Samsung telah mengkonfirmasi pada Menteri Perindustrian MS Hidayat bahwa Samsung akan membuka pabrik ponsel di Indonesia pada tahun 2014 ini. Padahal sebelumnya juga pernah beredar kabar Samsung membatalkan rencana ini. Hal ini tentu akan membawa dampak positif terhadap industri telekomunikasi di Indonesia yang juga akan membuka banyak sekali lowongan kerja baru.

Bisa jadi pabrik Samsung justru akan menjadi realitas lebih dahulu daripada Foxconn yang juga memiliki rencana serupa tapi sampai saat ini belum terwujud. Samsung sendiri telah memiliki pabrik ponsel di Vietnam pada dua lokasi berbeda dengan nilai investasi total mencapai puluhan triliun rupiah, jadi pembukaan pabrik baru di Indonesia merupakan tanda bahwa Indonesia dianggap sebagai negara dengan iklim investasi dan industri yang mendukung bagi Samsung.

Dan memang rencana Samsung kembali berlanjut juga tidak lepas dari terpilihnya Jokowi sebagai presiden yang dianggap “mengerti akan bisnis” dan memberikan sinyalemen positif akan iklim investasi di Indonesia, bahkan pembicaran dan rencana ini menjadi lebih mantap setelah presiden terpilih Jokowi bertemu dengan duta besar Korea Selatan tentang kelanjutan investasi Samsung di Indonesia.

Rencananya pabrik Samsung di Indonesia akan berlokasi di kawasan industri Jababeka, Bekasi dengan target produksi sampai 900 ribu unit per bulan dengan awal dimulai pada kapasitas 100 ribu unit pada tahun ini. Belum diketahui berapa besar nilai investasi yang dikeluarkan Samsung untuk pembangunan pabrik tersebut tapi kemungkinan bisa menyamai nilai investasi Samsung di Vietnam.  Kapan Samsung membuka pabrik belum diketahui tanggal pastinya tapi kemungkinan besar akhir tahun ini mereka akan mulai membangunnya.

0 comments :

Posting Komentar