Senin, 25 Agustus 2014

7 Langkah Sukses Membangun Karir di Bidang Teknologi

Filled under:



Di era yang semakin modern, membangun karir di bidang teknologi memang menjadi salah satu jalur yang paling besar potensinya. Mulai dari Mark Zuckenberg (Facebook), Arash Ferdowsi (Dropbox), David Karp (Tumblr), dan masih banyak lainnya yang mampu meraih kesuksesan dengan begitu cepat.

Hal tersebut pun menunjukkan kalau  karir di bidang teknologi bukan karir yang main-main. Jangan sampai anda yang berkecimpung dalam dunia teknologi ini menjadi manusia yang sia-sia. Berikut beberapa tips bagi anda yang ingin sukses membangun karir teknologi :

- Sering Membaca Buku-buku Komputer

Segera kunjungi perpustakaan yang ada di sekitar anda, temukan buku yang ada kaitannya dengan komputer, lalu BACA! BACA! BACA!. Ketika memilah bahan bacaan, Usahakan menyeimbangkan pengetahuan murni dan terapan. Lakukan hal ini secara regular dan terjadwal. Jangan lupa juga membuat reading list. Perkembangan dunia komputer begitu cepat sehingga bagi anda yang menginginkan kesuksesan jangan sampai rela untuk ketinggalan.

- Bangun Sebuah Website

Membangun website sepertinya merupakan hal wajib untuk karir yang lebih baik. Bangun sebuah website yang sesuai dengan passion. Jangan lupa juga memasukan CV di menu “About Me” website anda. Website sangat bagus sebagai sarana branding diri. Update secara berkala, jaga agar website tetap hidup dan proffesional.

- Jangan Hanya Terpaku pada Satu Operasi Sistem

Seseorang yang benar-benar ahli teknologi tentu memiliki rasa ingin tahu yang besar diiringi tingkat adaptasi yang besar pula. Coba dan rasakan pengalaman menggunakan beragam OS. Hal ini akan menambah wawasan anda terkait OS tersebut dan beragam program khusus yang mendukungnya. Jangan sampai hanya merasakan Windows, Windows, dan Windows. Coba yang lain, seperti Mac, Linux, Haiku, Unix, dan sebagainya.

- Jadilah Tech Volunteer

Menunggu skill teknologi anda bisa diuangkan tentu bisa memakan waktu. Sekali-kali cobalah untuk “mendonasikan” skill yang anda miliki, atau anda juga bisa mengikuti poyek-proyek open source. Proffesionalitas dan Networking karir teknologi anda akan menjadi semakin berkualitas jika pernah menjadi tech volunteer. Sangat efektif, terutama bagi anda yang masih terbilang pemula di dunia teknologi.

- Aktif di Komunitas

Carilah komunitas yang berhubungan dengan karir teknologi anda, bisa Online maupun Offline. Dalam komunitas, anda akan bertemu dengan orang lain yang punya passion hampir sama dengan anda. Saling berbagi ilmu, pengalaman dan informasi. Jaga relasi agar tetap berjalan baik dengan anggota lainnya, beberapa dari mereka berpotensi menjadi partner kerja terbaik anda.

- Pelajari Internet Marketing

IM (Internet Marketing) bakal menjadi skill penting dalam menunjang karir, terutama bagi anda yang karirnya berorientasi pada Technopreuneur. Pelajari Adword, SEO (Search Engine Optimization), Facebook Ads, Press release, dan sebagainya.

0 comments :

Posting Komentar